Friday, September 14, 2012

Ucapan Terima Kasih

Tulisan berikut adalah isi halaman viii s/d xiii dari skripsi saya yang berjudul "Perkembangan Praktik Transfer Pemain Asing di Kompetisi Sepak Bola Liga Super Indonesia (2008-2010) Melalui Kajian Migrasi Internasional". Kata-kata yang terangkai dalam tulisan berikut merupakan bagian dari tajuk pembuka dengan judul "Ucapan Terima Kasih".



----------

27 Mei 2011 hingga 24 Mei 2012 merupakan kurun waktu yang saya tempuh untuk menyusun karya ini mulai dari pengajuan judul hingga judicium sidang akhir. Dalam kurun waktu tersebut, ada banyak pihak yang terlibat dan memberi kontribusi penting terhadap karya ini.
  • Untuk kedua orang tua saya Meutia Pramono dan Johny Pramono. Karya kecil ini tidak akan pernah bisa membalas kasih sayang yang kalian berikan kepada saya mulai dari saya lahir hingga akhirnya saya berhasil meraih gelar Sarjana. Terima kasih untuk segala hal yang kalian limpahkan dalam hidup saya.
  • Untuk Bapak R.M.T. Nurhasan Affandi dan Bapak Kiagus Zaenal Mubarok, terima kasih atas bimbingan, arahan, serta motivasi yang diberikan dan ditanamkan kepada saya untuk karya ini. Tanpa kehadiran kalian sebagai tim, karya ini hanya akan menjadi narasi dari pemikiran saya yang sangat terbatas. Semoga karya ini mampu memberikan manfaat bagi khalayak.
  •  Untuk Bapak R. Abdul Musyawardi Chalid, selaku pimpinan Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (JHI FISIP UNPAD), yang senantiasa menemani proses pengukuhan karya ini mulai dari seminar penelitian hingga sidang akhir. Terima kasih atas saran dan masukannya yang sangat berguna tidak hanya bagi karya ini, tapi juga bagi saya pribadi selama menjadi mahasiswa.
  • Untuk Bapak Chandra Purnama dan Ibu Neneng Konety, terima kasih atas saran dan masukan yang diberikan dalam seminar usulan penelitian karya ini, sehingga tahap lanjut dari penyusunan karya ini menjadi lebih lancar.
  • Untuk Bapak R. Widya Setyabudi dan Bapak Satriya Wibawa, terima kasih atas koreksi dan rekomendasi yang diberikan untuk karya ini pada sidang akhir, sehingga karya ini menjadi lebih baik ketika dirampungkan.
  • Untuk Bapak Taufik Hidayat, selaku dosen wali, juga untuk seluruh jajaran dosen mata kuliah/staf pengajar JHI FISIP UNPAD yang saya cintai. Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang diberikan selama saya menempuh 12 semester masa belajar, baik di dalam maupun di luar ruang perkuliahan. Saya yakin, ilmu dan pengalaman tersebut akan menjadi sesuatu yang berharga bagi hidup saya kelak.
  • Kepada Bapak Tigorshalom Boboy, Mas Andibachtiar Yusuf, dan Bapak Mursid W.K., terima kasih atas kontribusi penting yang mampu memperkaya informasi dalam karya ini. Dialog dengan anda sekalian juga turut memperluas wawasan saya pribadi mengenai potensi besar sepak bola Indonesia. Semoga karya ini bisa turut membantu perjuangan anda sekalian dan pihak-pihak lain yang peduli akan kemajuan persepakbolaan negara ini, sehingga suatu saat mampu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.
  • Untuk Akang Soleh Setiawan dan Ibu Siti Rahayu dari Bagian Administrasi JHI FISIP UNPAD. Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya sehingga segala jenis proses administrasi yang berkaitan dengan karya ini menjadi lebih mudah dan lebih lancar.
  • Kepada “Kelompok Bimbingan Polo Air,” I Gede Anggita B., Fahminoor Mohammad, Mh. Mohammad Irvan Arasy, Reymon Yohanes, Kalvin Situmeang, juga kepada “Kelompok Bimbingan Ciganitri”, Annisa Febiana dan Ganda Permana, semoga ilmu dan pengalaman yang kita peroleh bersama selama proses bimbingan bisa menjadi sesuatu yang berharga untuk hidup kita di masa yang akan datang. Terima kasih atas kerjasamanya dan sukses selalu.
  • Kepada Mabrury Rendyarosa, Arif W. Rachmat, Herdianto Wibowo, Syahri Ramadhan Kusuma, Adityo D. Sudagung, Taufik Hidayat, Nanang Suhariyadi dan Hendro Fhilip, terima kasih atas kesediaannya memberikan bantuan kepada saya perihal transportasi dalam proses penyusunan karya ini. Semoga kebaikan kalian berbalas pahala dari Tuhan Yang Maha Esa. Sukses selalu untuk kalian semua.
  • Kepada Andriarto Andradjati, Amjad Rikzan, Andika Riyadi, Guntoro Chandra, Andris W.A.P., Krisanto Pramudityo, R. Indra Pratama dan Bima Prawira, terima kasih atas dialog serius dan obrolan santai baik tentang skripsi maupun tentang sepak bola. Percakapan-percakapan yang kita lakukan banyak memberi saya inspirasi untuk melanjutkan proses penulisan karya ini. Semoga di masa yang akan datang, kita bisa kembali berdialog.
  • Kepada Bapak Waway Tiswaya dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, terima kasih atas materi dan saran yang diberikan sehingga karya ini menjadi lebih baik dari segi tata bahasa.

Sementara tahun 2006 hingga tahun 2012 adalah kurun waktu yang saya lalui dalam menempuh studi saya di JHI FISIP UNPAD. Selama kurang lebih 6 tahun tersebut, banyak pihak yang telah membantu saya menjalani kehidupan sebagai mahasiswa.
  • Untuk rekan-rekan Angkatan 2006 JHI FISIP UNPAD, terima kasih telah menjadikan saya bagian dari kalian. Setiap waktu yang saya lalui bersama kalian akan sangat sulit untuk dilupakan dan akan selalu menjadi kenangan berharga bagi saya kelak. Sukses selalu untuk kalian semua.
  • Untuk semua akang, teteh, dan adik-adik mahasiswa JHI FISIP UNPAD yang telah menghiasi hari-hari saya di kampus. Semoga ilmu dan pengetahuan yang kita serap selama belajar di kampus kita tercinta bisa bermanfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang. Terima kasih dan sukses selalu.
  • Untuk Widyanthika dan Maulidhya, kakak dan adik saya, terima kasih atas segala bentuk dukungan yang kalian berikan untuk hidup saya. Semoga kita bisa menjadi anak-anak yang selamanya berbakti dan bisa membawa kebanggaan untuk kedua orang tua kita.
  • Untuk Keluarga Besar International Relations Football Club, yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakat saya di bidang sepak bola selama menjadi mahasiswa JHI FISIP UNPAD. Semoga kita tetap selalu dan selamanya bersatu dalam perjuangan. Terima kasih dan sukses selalu.
  • Untuk rekan-rekan serta pemilik rumah kost Blue House 1, Jatinangor, tempat di mana saya memperoleh berbagai macam kenangan dari tahun 2006 hingga tahun 2012. Terima kasih banyak atas waktu dan pengalaman yang kita lewati bersama berada di bawah satu atap.
  • Untuk rekan-rekan sesama mahasiswa, juga untuk seluruh jajaran staf dan karyawan FISIP UNPAD. Waktu yang saya lalui selama menjalani masa belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan berkat kehadiran kalian. Terima kasih banyak dan sukses selalu untuk kalian.
  • Kepada rekan-rekan sesama interpreter untuk trade mission Solvay Business School – Vrije Universiteit Brussel, tahun 2011. Terima kasih atas kesempatan dan pengalaman kerja yang sangat berharga bagi saya. Sukses selalu untuk kalian semua.
  • Untuk rekan-rekan di Kelompok Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) UNPAD Kecamatan Parongpong, Desa Cihanjuang Rahayu Tahun 2009. Terima kasih atas kebersamaan yang kita lalui selama menjalani program KKNM. Semoga suatu saat kita bisa berkumpul  kembali dan berkunjung ke desa yang kita cintai tersebut. Sukses selalu untuk kita semua.
  • Untuk rekan-rekan di Inter Club Indonesia-Moratti Regional Bandung, khususunya di Chapter Jatinangor, terima kasih atas kesempatan yang kalian berikan sehingga saya bisa berbagi pengalaman menarik perihal klub sepak bola kesayangan saya Internazionale Milano F.C.
  • Untuk rekan-rekan dan staf pengajar di TK dan SD Ar-Rahman Motik, Setiabudi, Jakarta tahun 1992-2000, SLTP 1. Barunawati, Petamburan, Jakarta tahun 2000-2003, SMAN 78, Kemanggisan, Jakarta tahun 2003-2006. Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang dilimpahkan kepada saya selama saya menempuh masa belajar sebagai siswa.

Sebenarnya masih banyak lagi nama-nama serta pihak yang telah membantu saya, baik selama saya menyelesaikan karya ini maupun selama saya menempuh masa studi sebagai mahasiswa. Namun karena berbagai macam keterbatasan, saya mohon maaf karena tidak bisa mencantumkan nama-nama dan pihak tersebut dalam lembaran-lembaran ini. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anda sekalian yang namanya tidak dapat dicantumkan dalam karya ini. Semoga kebaikan dari anda sekalian kepada saya berbalas pula dengan kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
 
Jatinangor, 9 Juli 2012

 Pramuaji

1 comment:


  1. MODAL 50 RIBU SUDAH BISA JADI JUTAWAN!


    LANSUNG CEK ZEUSBOLA YA BOSQU



    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #depositaman #situsbandarterpercaya #pokeronline #depositpulsa #promoterbaru #sabungayam #zeusbolaterbaik #slotjudionline #bonusterbaik

    ReplyDelete