Thursday, June 7, 2012

Dukung dan Nonton: Sebuah Catatan Kecil SEA Games 2011

South East Asian Games (SEA Games) 2011 sudah lama berlalu. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum. Namun predikat tersebut terasa kurang lengkap. Hal tersebut dikarenakan Tim Nasional (TimNas) U-23 cabang sepak bola asuhan Rachmad Darmawan gagal meraih medali emas setelah ditaklukan tim U-23 Malaysia di partai puncak lewat drama adu penalti.

Di balik kegagalan TimNas Garuda Muda, ada pengalaman unik yang saya dapatkan ketika saya turut ambil bagian dalam memberikan dukungan langsung kepada TimNas U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kala itu. Blogpost saya kali ini akan bercerita tentang pengalaman tersebut.

Sabtu, 19 November 2011, adalah tanggal perhelatan babak semifinal SEA Games 2011 cabang sepak bola. Pertandingan pertama (sore) akan mempertemukan Myanmar dengan Malaysia, dan di pertandingan kedua (malam), Tim Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam. Saya sudah menargetkan sejak beberapa hari sebelumnya, bahwa saya akan datang ke SUGBK untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Karena saya baru tiba di Jakarta pada Jum’at (18/11/2011) malam, maka saya niatkan diri saya untuk berburu tiket pertandingan tersebut keesokan harinya. Berdasarkan pengalaman saya ketika hendak membeli tiket Piala AFF 2010 lalu, juga melihat animo masyarakat yang semakin tinggi, saya berangkat menuju SUGBK pada Sabtu shubuh untuk antri di loket tiket.
Situasi antrian pukul 05.50


Sesampainya di loket tiket bagian dalam gerbang utara kompleks GBK, saya melihat ada beberapa orang yang sudah datang duluan sedang duduk-duduk menunggu waktu dibukanya loket tiket. Di antara orang-orang tersebut, ada seorang anak yang usianya kira-kira 10 tahun, duduk di antara mas-mas, abang-abang, dan bapak-bapak lainnya. Orang-orang lain terlihat asyik ngobrol sambil merokok atau menyeruput kopi hangat yang dibeli dari penjual kopi di sekitar loket, sementara anak itu hanya duduk bersila sambil bertopang dagu menahan kantuk. Saat itu, waktu di jam tangan saya menunjuk angka 05.50. Dari kabar yang beredar, loket tiket baru akan dibuka pukul 10.00.




Ketika menunggu loket dibuka, saya melakukan beberapa kegiatan seperti on-line lewat handphone atau membaca buku yang sengaja saya bawa. Namun, saya lebih sering menghabiskan waktu saya dengan ngobrol dengan pengantri lain. Meskipun tidak saling kenal, namun karena kami memiliki tujuan yang sama, kedekatan antara kami para pengantri muncul dengan sendirinya ketika kami saling terlibat dalam obrolan. Di tengah-tengah obrolan, saya sesekali melihat anak tersebut. Saya sempat bingung karena di suatu waktu, anak itu sudah tidak tampak, namun posisinya diganti oleh anak lain yang kira-kira usianya sama dengan anak sebelumnya, hanya badannya sedikit lebih kecil.

Situasi antrian pukul 09.15

Tanpa terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 09.30. 30 menit lagi loket (seharusnya) dibuka. Antrian di belakang saya pun sudah ramai. Pengantri yang berada paling dekat dengan loket, termasuk saya, mulai membentuk dan merapikan barisan untuk menghindari orang-orang tak tahu malu yang memotong barisan. Di antara barisan, saya lihat ternyata anak kecil yang saya lihat ketika saya datang sudah kembali, sementara anak yang tadi menggantikannya hilang entah kemana. Ketika barisan mulai terbentuk, anak itu berdiri tepat di depan saya. Dia merogoh kantongnya, mengambil sejumlah uang, dan mulai menghitungnya.





Ketika anak itu sedang menghitung uang di tangannya, salah satu mas-mas yang tadi ikut ngobrol dengan saya menggoda anak tersebut.

Si bocah menghitung uang untuk beli tiket

“Weiiitss,, banyak duit lu, bocah!” Kata mas-mas tersebut. Si anak membalasnya dengan senyuman sambil mengembalikan uang tersebut ke kantongnya. Di sinilah saya mulai mengajak anak tersebut ngobrol. Kira-kira begini petikannya:

Saya (A): “Duit dari mane tuh, boy?” 

Si Bocah (B): “Duit hasil nabung, bang..”

A: “Niat juga lu.. beli tiket yang berapaan?”

B: “Yang dua-lima aja, bang.. yang paling murah..”

A: “Lu kemari bareng siape?”

B: “Bareng temen, bang..”

A: “Lah,, temen lu mane?”

B: “Di sono, bang.. jagain sepeda” (sambil menunjuk ke arah temannya yang duduk di bawah pohon, di sampingnya ada dua sepeda yang disandarkan ke pohon tadi)

A: “Berdua doang?”

B: “Iye, bang.. Tadi saya ganti-gantian sama dia buat ngantri”

A: “Lu naik sepeda dari rumah? Emang rumah lu dimane?”

B: “Di Kota Bambu, bang..”

A: “Wuiiih,, lumayan (jauh) dong,, kuat juga lu sepedaan kemari.. lu tadi cabut dari rumah jam berape?”

B: “Jam setengah lima, bang.. abis sholat shubuh langsung berangkat..”

Mas-mas (C) : “Udah bilang emak lu belom?”

B: “Udah lah, bang..”

C: “Lu niat banget dateng pagi-pagi buat beli tiket.. kenape ga nonton di tipi aje lu?”

B: “Sama lah kaya abang,, kalo dateng siang takut keabisan.. lagian, saya dateng bukan buat nonton, bang.. tapi buat dukung.. kalo nonton mah, mending di tipi aje..”

C: “hahahah,, bener juga sih kata-kata lu..”

Setelah itu obrolan kami berhenti dan kami kembali mengatur antrian. Saya pegang pundak si bocah dan saya bilang, “Salut gue sama lu, boy!”

Kalimat terakhir yang keluar dari mulut bocah tersebut membuat saya kagum, dan sadar akan suatu hal. Yang membuat saya (dan mungkin beberapa orang lain) rela mengantri tiket dari pagi buta adalah karena tujuan saya adalah untuk mendukung TimNas, bukan hanya untuk menonton. Dari kalimat tadi, saya sadar bahwa “dukung” dan “nonton” adalah konsep yang berbeda. Dalam “dukung”, ada yang kita korbankan, di antaranya waktu, tenaga, dan materi. Waktu yang diluangkan, tenaga yang dikerahkan, dan materi yang dikeluarkan ketika mengantri sejak pagi untuk membeli tiket adalah pengorbanan yang dimaksud. “Nonton” mungkin juga butuh pengorbanan, namun bagi saya, pengorbanan yang dimaksud tidak lebih besar jika dibandingkan dengan yang “dukung”. Ketika “dukung”, kita tidak begitu mempedulikan hal-hal lain, karena yang paling penting adalah kita bisa datang dan memberi dukungan dan semangat secara langsung. Ketika “nonton”, kita masih bergantung pada beberapa hal yang bisa mempengaruhi mood dan selera kita dalam menikmati pertandingan. Kita “dukung” ketika kita “nonton”, tapi ketika kita “nonton”, belum tentu kita “dukung”.

Menurut saya, si bocah Kota Bambu itu betul-betul memiliki niat kuat untuk mendukung TimNas Indonesia. Dia kumpulkan uang jajannya untuk membeli tiket, dia berangkat pagi-pagi dengan membawa sepeda bersama temannya untuk mengantri di loket tiket resmi. Saya lihat wajahnya yang tersenyum senang dan lega ketika dia memegang 2 lembar tiket di tangannya. Niat tersebut berbalas dengan kemenangan TimNas U-23 atas Vietnam U-23 malam harinya. Meskipun akhirnya Indonesia gagal meraih medali emas, saya rasa bocah Kota Bambu itu tak akan berhenti memberikan dukungannya untuk TimNas Indonesia.

Saya pun begitu.

Maju terus sepak bola Indonesia!!

5 comments:

  1. Mantap....alhamdulilah yah, masih ada suporter macem elu dan anak itu Jay...maju terus sepakbola Indonesia!!!

    ReplyDelete
  2. eh ada foto ane lg ngantri. hehe
    ini yg antri tiket lawan vietnam kan ya, semifinal AFF. di loket TVRI?
    yg 1 org cuma boleh beli 2

    ReplyDelete
  3. maaf maksud ane seagames :)

    ReplyDelete
  4. CLAIM BONUS FREEBET SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA !

    Situs Resmi Daftar Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia Menerima Deposit Via OVO, ATM , dan Pulsa Dengan Rate Tertinggi !

    Kelebihan zeusbola :
    - 100% Aman, Terjamin dan Terpercaya
    - Kepercayaan dan Kepuasan member kami selalu di utamakan !!
    - Untuk pendaftaran FREE, mudah dan sangat cepat.
    - Pelayanan CS 24JAM / 7Hari NONSTOP yang sangat ramah dan profesional siap melayani Anda.
    - Menyediakan semua bank local INDONESIA
    - Menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY !!
    - Proses Deposit & Withdraw hanya butuh kurang dari 2 menit.


    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607

    ReplyDelete