Saturday, January 22, 2011

Kemandirian Finansial Klub Sepak Bola Indonesia, Siapkah? Mampukah?



Baru-baru ini, Kementerian Dalam Negeri (KemenDaGri) merencanakan perumusan Undang-Undang (UU) tentang penyetopan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bagi klub sepak bola profesional di seluruh provinsi di Indonesia. Awal tahun ini, perumusan dan perancangan UU tersebut akan dimulai dengan melibatkan pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, klub sepak bola, perwakilan Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di seluruh wilayah, dan pihak terkait lainnya. UU tersebut direncanakan akan berlaku mulai tahun depan, namun tanggapan negatif terhadap rencana UU tersebut sudah mulai berdatangan, terutama dari para pemilik klub sepak bola.


Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar klub sepak bola di Indonesia sangat bergantung pada kucuran dana APBD untuk memenuhi biaya operasional klub mulai dari transfer pemain, gaji pemain dan ofisial, serta pembenahan infrastruktur. Bahkan porsi dana dari APBD dalam budget klub bisa lebih dari setengah dari total anggaran. Pemerintah telah mengatur aliran dana APBD bagi klub sepak bola melalui Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 59 tahun 2007, yang menyebutkan bahwa penggunaan dana APBD untuk sektor olahraga, yang dalam hal ini untuk membiayai klub sepak bola, harus melalui KONI sehingga penggunaannya bisa sesuai dengan target memajukan prestasi olahraga daerah. Pembinaan usia muda dan pembenahan infrastruktur termasuk dalam target yang dimaksud, namun pada prakteknya, dana APBD yang dikucurkan lebih banyak dihabiskan untuk transfer pemain dan pembayaran gaji. Atas dasar inilah Menteri Dalam Negeri (MenDaGri) Gamawan Fauzi merencanakan UU untuk menghentikan aliran dana APBD untuk klub sepak bola.


Para stakeholder klub sepak bola menanggapi rencana UU ini dengan nada negatif. Mereka beranggapan bahwa jika UU ini diberlakukan, maka kompetisi sepak bola di Indonesia bisa mati, karena tidak ada lagi klub yang mampu memenuhi biaya operasional per-musim kompetisi yang tiap musimnya bisa mencapai lebih dari Rp 40 miliar. Beberapa pemilik klub beranggapan bahwa UU ini terlalu dipaksakan dan terlalu terburu-buru. Mereka beralasan bahwa pada saat ini, klub sepak bola sedang dalam tahap transisi menuju kemandirian finansial, namun menurut saya alasan tersebut tidak tepat jika melihat usia Liga Indonesia. Sudah lebih dari 15 tahun Liga Indonesia bergulir, sudah beberapa kali berganti sponsor, berganti format kompetisi. Sudah 15 tahun lebih, namun tetap beranggapan bahwa mereka masih dalam tahap transisi? Saya rasa 15 tahun (seharusnya) sudah lebih dari cukup untuk bisa mandiri secara finansial.



Setiap awal musim, terutama sejak awal milenium ke-3, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) selalu meneriakkan profesionalisme kepada seluruh klub peserta Liga Indonesia. Yang menjadi indikator bahwa klub sepak bola berpredikat ‘profesional’ antara lain kualitas dan legalitas pemain serta jajaran ofisial klub, lalu adanya infrastruktur yang mendukung, serta yang paling esensial adalah klub tersebut mandiri secara finansial (financially independent). Indikator ketiga mewajibkan klub untuk bisa mencari dana untuk membiayai operasional klub secara mandiri, yang dalam topik ini berarti tidak bergantung pada uang rakyat dari APBD. Klub harus mampu menyeimbangkan kas pengeluaran mereka dengan pemasukan dari beberapa sumber. Saya akan mencoba membahas sumber-sumber pemasukan klub beserta kendalanya dalam praktek operasional klub sepak bola di Indonesia secara umum.
  1. Sponsorship
    Pembentukan kerjasama yang bersifat simbiosis mutualisme dengan perusahaan swasta. Dari kerjasama ini, perusahaan swasta bisa mempromosikan produk-produknya melalui klub sepak bola. Contoh yang paling jelas adalah pemasangan iklan perusahaan di kostum tim. Selain perusahaan swasta, klub juga bisa mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (PemDa) terkait dengan program-program yang dijalankan oleh daerah yang bersangkutan, seperti program pariwisata, program pendidikan dan program-program lainnya. Dana kerjasama untuk klub diperoleh dari keuntungan pelaksanaan program-program tersebut. Kerjasama sponsorship dalam jangka panjang bisa bernilai tinggi, terutama bagi klub yang memiliki basis suporter yang besar. Kerjasama klub dengan perusahaan swasta tentu berkaitan dengan brand imaging masing-masing pihak. Semakin baik nama klub atau nama perusahaan lewat kerjasama yang dibentuk, makin banyak orang yang akan menyukai keduanya, dan pada akhirnya makin tinggi nilai kontraknya.

    Kendala yang dihadapi dalam praktek persepakbolaan Indonesia adalah jarang perusahaan swasta yang mau bekerjasama dengan klub sepak bola. Hanya beberapa klub yang mampu menggaet pihak swasta untuk menjadi sponsor, selebihnya ada yang disponsori bank daerah yang ujung-ujungnya mengambil dana APBD juga, atau tidak bahkan ada sponsor. Salah satu solusinya adalah dengan mengajak perusahaan swasta lokal untuk menjadi sponsor.
  2. Apparel
    Kerjasama dengan produsen alat olahraga bisa mengurangi pengeluaran dari sektor logistik. Produk apparel akan menyediakan keperluan logistik-teknis seperti kostum pemain, bola, jaket, baju latihan, dan lainnya. Perusahaan apparel yang diajak bekerjasama juga bisa meraup keuntungan dengan penjualan kostum replika.

    Sebagian besar klub Indonesia sudah bisa bekerjasama dengan produsen alat olahraga pilihannya masing-masing, namun bagi klub-klub di luar Liga Super Indonesia (LSI), masih banyak klub yang memakai kostum "taman puring".


  3. Merchandising
    Penjualan produk pernak-pernik klub melalui outlet resmi. Dengan membuka outlet atau toko resmi merchandise klub, keuntungan dari hasil penjualan pernak-pernik tersebut bisa menjadi sumber pemasukan tersendiri. Penjualan merchandise juga bisa melalui kerjasama dengan perusahaan apparel. Dengan harga yang terjangkau serta sistem penjualan dan distribusi yang jelas dan teratur, merchandise klub bisa cepat laku dan mendatangkan keuntungan.

    Kendalanya adalah orang-orang cenderung membeli merchandise palsu atau yang bukan dijual di outlet atau toko resmi klub, sehingga hasil penjualan tidak bisa masuk ke kas klub. Perlu adanya sosialisasi, pembenahan sistem penjualan dan distribusi, serta sedikit ketegasan dari pihak klub untuk mengurangi keberadaan merchandise palsu.


  4. Hak Siar Televisi
    Untuk setiap pertandingan yang disiarkan secara langsung melalui televisi, klub mendapatkan image rights dari jaringan televisi tersebut. Nilai kontrak hak siar cukup besar sehingga pendapatan dari sektor ini cukup signifikan dalam anggaran klub. Dalam kontrak tersebut, nilainya berbeda-beda berdasarkan kandang dan tandang, dimana tim kandang mendapatkan jatah yang lebih besar. untuk LSI, ANTv sudah mampu menunjukkan komitmennya untuk menyiarkan pertandingan-pertandingan secara rutin sejak beberapa tahun terakhir. Dengan packaging yang menarik, jumlah penonton LSI semakin lama semakin meningkat, yang tentunya mengundang banyak iklan untuk keuntungan ANTv dan klub yang memperoleh hak siar.

    Namun masih banyak kendala dari sektor ini, seperti faktor geografis Indonesia yang luas. Sangat jarang sekali ada siaran langsung pertandingan di wilayah Papua, sehingga jatah hak siar bagi tim Persipura atau Persiwa lebih kecil jika dibandingkan klub lain. Bagi klub yang jarang mendapatkan jatah pertandingan kandang, mungkin ada baiknya mereka menjual hak siarnya ke saluran televisi lokal, sehingga mereka tidak terlalu dirugikan meskipun nilai kontraknya jauh lebih kecil.

    Lalu masalah jadwal pertandingan yang berubah, sehingga jadwal siaran langsung juga harus disesuaikan. Namun untuk kendala ini, pihak televisi tentu akan memberikan denda kepada badan liga, dan kompensasi kepada klub yang dirugikan.


  5. Ticketing
    Sektor ini mampu memberikan pemasukan yang sangat signifikan, jika diatur dan dijalankan dengan benar. Namun nyatanya sektor ini belum mampu dimanfaatkan oleh klub dengan maksimal karena pengelolaan yang buruk dari klub. Pertama dari stadion tempat pertandingan berlangsung, masih ada beberapa klub yang belum memenuhi persyaratan infrastruktur liga sehingga harus memainkan pertandingan kandangnya di tempat lain. Selain itu, masalah perizinan polisi atau perubahan jadwal juga kerap menjadi kendala yang mengancam pemasukan klub dari penjualan tiket. Kedua dari ketertiban dan kejujuran, masih banyak praktek ‘masuk gratis’ bagi orang-orang tertentu yang memiliki koneksi dengan ‘orang dalam’ atau pihak keamanan. Ada juga yang memanfaatkan lemahnya penjagaan di pintu masuk stadion sehingga ada penonton yang bisa menyelinap masuk tanpa membeli tiket. Keberadaan tiket palsu atau tiket bekas juga bisa mengurangi pemasukan klub dari sektor ini. Ketiga dari sistem penjualan, kurangnya sosialisasi tentang distribusi tiket, terbatasnya mekanisme penjualan yang hanya melalui loket on-the-spot, menyebabkan penonton mengalami kesulitan untuk memperoleh tiket. Dan tentunya keberadaan parasit dalam ‘dunia pertiketan’ di Indonesia yaitu calo, yang sampai saat ini sulit diberantas, juga merupakan akibat dari buruknya sistem penjualan.

    Untuk mengatasi kendala serta memaksimalisasi pendapatan dari sektor penjualan tiket, perlu adanya langkah-langkah dari klub untuk mencegah munculnya ketiga permasalahan di atas. Klub harus mampu membuat kebijakan tegas guna memperoleh keuntungan besar dari penjualan tiket, yang tentunya juga bisa memudahkan serta mengundang masyarakat untuk mau datang ke stadion.


  6. Transfer Pemain
    Menemukan, membentuk, dan mengasah pemain muda untuk kemudian ditransfer ke klub lain bisa menjadi sumber pemasukan yang cukup besar bagi klub. Lihat saja bagaimana untungnya Manchester United ketika menjual Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Namun dalam praktek kontrak pemain sepak bola di Indonesia, sebagian besar klub cenderung memberikan kontrak pendek bagi pemain-pemainnya dengan durasi satu musim. Hal ini tentu membuat si pemain bebas untuk pergi dari klub tersebut jika kontraknya sudah habis, sehingga klub tidak mendapatkan keuntungan dari dana transfer si pemain. Fakta juga menunjukkan, klub-klub LSI lebih sering membeli atau mengontrak pemain, terutama pemain asing, daripada melego pemainnya ke klub lain dengan sistem transfer. Hal ini tentu disebabkan keengganan klub untuk mengontrak pemain untuk jangka panjang, kalaupun ada pemain yang lama membela satu klub, itu karena kontraknya diperbarui setiap musim.

    Jika klub mampu menjalankan kebijakan transfer pemain dengan mempertimbangkan berbagai hal dari pembinaan pemain muda, gaji pemain, preferensi pemain berdasarkan kebutuhan klub dan lain sebagainya, tentu klub akan mampu meraup keuntungan yang cukup besar untuk membantu anggaran klub lewat transfer pemain.

  7. Sektor-sektor lain
    Pemasukan juga bisa diperoleh dari sektor-sektor lain seperti acara Nonton Bareng (NonBar) yang diadakan oleh kelompok suporter resmi, pemasangan iklan melalui website resmi, atau dengan go public dengan menjual saham perusahaan klub ke masyarakat, dan lain-lain.
Ketujuh sektor pemasukan yang dijabarkan secara singkat di atas tentunya berhubungan, saling melengkapi dan saling memenuhi satu sama lain. Seluruh sektor tersebut juga harus mampu diatur sedemikian rupa sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik kepada publik, khususnya para suporter klub. Perlu diingat bahwa dasar yang juga menjadi target dari sektor-sektor tersebut adalah publik dan para suporter. Merekalah yang ‘menghidupi’ klub melalui dukungan mereka baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara materil maupun non-materil. Jangan sampai klub ditinggal oleh suporternya.


Terkait masalah profesionalisme klub dari kemampuan finansial secara mandiri, tiap klub harus bisa sadar diri, bahwa tidak selamanya mereka menyusu dari dana APBD. Sudah saatnya bagi mereka untuk mampu menghidupi diri mereka sendiri. Kemunculan Liga Primer Indonesia (LPI) dengan konsep finansialnya yang memajukan kemandirian klub, bisa menjadi titik awal bagi kemajuan profesionalisme klub sepak bola Indonesia, tinggal kita lihat saja bagaimana klub-klub pesertanya dalam mempertanggungjawabkan, bagaimana mereka bisa mengatur dan mengolah modal yang telah diberikan menjadi keuntungan, sehingga mereka bisa dibilang financially independent. Proses ini memang butuh waktu, namun jika dijalankan dengan penuh tanggung jawab, profesionalisme tersebut pasti akan terwujud dengan sendirinya. Karena pada akhirnya semuanya harus dan akan berujung pada kemajuan sepak bola yang dinaungi dengan rasa bangga dari masyarakat Indonesia.




Maju Terus Sepak Bola Indonesia!!

37 comments:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa pelayanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di duta judi online yg bertingkat International, resmi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-domino-qiu-qiu-live/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-head-tail-live-casino/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-baccarat-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    ReplyDelete
  2. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah web judi kartu online Indonesia resmi dan terlengkap dalam menyediakan game poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/23/pot-limit-omaha-poker-game-baru-dari-idn/
    http://www.indokartu.info/2018/07/25/cara-bermain-capsa-susun-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/02/susunan-kartu-capsa-susun/


    Ayo daftar sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  3. ===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

    DONACOPOKER merupakan web online judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    poker online
    poker online uang asli

    Ayo main sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  4. Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  5. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    link zeusbola


    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  6. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    ReplyDelete
  7. Dapatkan promo-promo Freechip dan bonus di permainan serta taruhan online kami yang terbaru, cek langsung ! semuanya tersedia disini, klaim sekarang juga.

    ----- Klaim Promo Terbaru Bolavita -----
    ----- PROMO JUDI BOLA ONLINE -----
    ----- PROMO SABUNG AYAM ONLINE -----
    ----- PROMO SLOT ONLINE -----
    ----- PROMO CASINO ONLINE -----

    Bolaita Sebagai Agen Judi Online yang terpercaya dan tentunya memberikan bonus-bonus promo terbaik,
    kami sudah menyiapkan semua untuk anda Hubungi Customer Service Kami sekarang juga !

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  8. bandar sabung ayam terbaik gratis freebet

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7836981-agen-s128-sabung-ayam-online-tanpa-deposit

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  9. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  10. Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    ReplyDelete
  11. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  12. Situs S128 Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia Hingga Saat Ini


    Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    ReplyDelete
  13. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER
    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay
    ========================================================================================================
    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.
    Whatsapp : 0812-222-2996

    ReplyDelete
  14. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  15. Di dunia judi online, kalah dan menang ialah hal biasa serta sudah lumrah. Tapi gak bosan merasa kalah terus dan tidak ada rencana pindah? Yuk dicoba ke Pokerayam Agen Poker Online Terpercaya di Indonesia.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/perjudian-online-dapat-dijadikan-sebagai-mata-pencaharian/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  16. Dapatkan kualitas bermain Judi online terbaik hanya di ZEUSBOLA dan nikmati pelayanan terbaik dan teramah dari Customer Service kami 24 jam setiap harinya...
    ZEUSBOLA adalah Agen Judi Online Terpercaya yang menjamin 100% semua permainan FairPlay murni tanpa ada settingan..

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward Setiap Naik Level

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Daftar Sabung Ayam Silahkan Klik Di Bawah Ini Ya Boss..

    Taruhan Sabung Ayam S128 Tensi Tinggi

    ReplyDelete
  17. Pokervita Agen Judi Domino99 Pulsa Resmi Yang Melayani Penggemar Judi Domino QQ DI Indonesia. Hanya Dengan Deposit Sebesar IDR 10.000 Pemain Dapat Menikmati Judi Domino QQ Via Pulsa, Dana, Linkaja, OVO, GoPay Dan Semua Bank Lokal Indonesia.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Judi Poker Deposit Pulsa
    Situs Poker Deposit Pulsa Terpercaya
    Daftar Judi Poker Deposit Pulsa

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  18. ZeusBola - Tersedia Sabung Ayam Online S128 dan SV388
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Bonus Hingga 5 Juta Rupiah
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 21 Juli 2020

    ReplyDelete
  19. Deposit Togel Lewat Pulsa Di MUSEUMTOTO Teraman – Di tahun ini, permainan yang berlangsung di MUSEUMTOTO adalah deposit Togel Lewat Pulsa. Sangat jelas sekali bahwa situs ini merupakan rumah judi yang paling aman khusus permainan Togel online.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500


    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 40.000
    • 2D : 5.000


    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    DEPOSIT TOGEL LEWAT PULSA DI MUSEUMTOTO TERAMAN

    DEPOSIT TOGEL VIA PULSA TERMURAH DI MUSEUMTOTO TERPERCAYA

    ReplyDelete
  20. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Beberapa Kecurangan Agen Poker Online Wajib Diwaspadai

    Freechip natal & tahun baru

    ReplyDelete
  21. SITUS SLOT ONLINE INDONESIA | LIVE CASINO | SABUNG AYAM TERPERCAYA 2021

    Situs Slot Online Indonesia
    Live Casino
    Sabung Ayam Terpercaya 2021

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di CLUB388CASH Situs Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR SLOT ONLINE

    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    ReplyDelete
  22. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    ReplyDelete
  23. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    Klik ====>demo jokerslot

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,me (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  24. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  25. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  26. SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

    ReplyDelete
  27. Cari agent sabung ayam dengan Bonus harian bahkan Mingguan tertinggi?
    Atau
    Bonus Win streak bebas arena?

    BOLAVITA agent sabung ayam Ternama aman & terpecaya

    jadi tunggu apalagi kawan mari join bersama kami GRATIS

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    ReplyDelete
  28. ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda zeusbola19.com/registerv

    ReplyDelete
  29. Hai, buat kamu yang sedang mencari prediksi togel pasti jitu.

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat HK Tanggal 28 Juli 2021 Terima kasih!

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat SGP Tanggal 28 Juli 2021 Terima kasih!

    ReplyDelete
  30. Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE:

    ION CASINO
    ION SLOT
    9GAMING
    BALAP PLAY
    PRAGMATIC PLAY
    SLOT88
    LIVE22
    GIOCO PLUS

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online .

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp :
    +6281321524689

    ReplyDelete
  31. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita

    ReplyDelete
  32. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    ReplyDelete
  33. Ingin mencoba bermain Slot games secara GRATIS dan mendapatkan Review Seputar Slot Games setiap harinya ??

    Kunjungi Link Permainan Slotgames kami dan mainkan secara GRATIS tanpa harus Daftar :

    Slot Buffalo Blitz 2 Permainan Slotgames GACORR !!!

    ReplyDelete